1Jan2015
Memulai tahun dengan bertobat
Lukas 3:1-6

Masa antara PL dan PB merupakan masa Tuhan berdiam diri terhadap umat-Nya. Mengapa? Karena umat berulang kali menolak firman yang Dia sampaikan melalui para nabi-Nya. Namun, era kebisuan itu segera berakhir.

LAI menempatkan kutipan Yesaya 40:3-5 ini di mulut Yohanes Pembaptis (4-6; perhatikan tanda kutip di antara ayat 3 dan 6). Namun, kita bisa juga melihat ayat 4-6 ini sebagai bagian...

2Jan2015
Buah pertobatan
Lukas 3:7-14

Bertobat bukan hanya berarti perubahan pikiran, melainkan yang terutama adalah arah dan sikap hidup. Maka harus ada buah pertobatan yang membuktikan kesejatian pertobatan itu (8a). Pertobatan palsu atau pura-pura akan berakibat mengerikan, yaitu penghukuman keras (9).

Kepada orang Yahudi yang menganggap diri sebagai keturunan Abraham, Yohanes dengan tegas mengatakan bahwa mereka akan diselamatkan...

3Jan2015
Memproklamasikan Kristus
Lukas 3:15-20

Kesuksesan pelayanan Yohanes merupakan hal yang fenomenal. Banyak orang saat itu menduga bahwa dia adalah Mesias itu sendiri. Ini bisa dimaklumi karena semangat, kuasa, dan otoritas yang ia tunjukkan tidak kalah dari nabi-nabi PL, khususnya Elia (lihat Yoh. 1:21). Namun, Yohanes tetap sadar diri bahwa dia bukanlah Mesias. Dia hanyalah pendahulu Mesias.

Yohanes menegaskan tiga perbedaan mendasar...

4Jan2015
Pilihlah yang tepat!
Mazmur 1

Mana yang Anda pilih: anak belajar dengan tekun, mendapat nilai cukup dan naik kelas; atau anak menyontek, mendapat hasil baik sekali, dan naik kelas? Kedua pilihan sama-sama berpengaruh untuk masa depan anak. Pilihan kedua, sepintas lebih menguntungkan anak. Namun, berdampak membentuk karakter malas dan bergantung pada orang lain. Sementara, pilihan pertama, memacu anak belajar lebih baik, mengembangkan...

5Jan2015
Yesus dan Adam
Lukas 3:21-38

Setelah Yohanes menunjuk kepada Mesias, kini giliran Lukas, si penulis Injil memperkenalkan sosok Mesias. Tiga perikop berturut-turut (Luk. 3:21-22; 3:23-38; 4:1-13) berisi perkenalan perdana mengenai Mesias di dalam diri Yesus.

Perkenalan itu dimulai dengan peristiwa pembaptisan Yesus, yang sekaligus menjadi ajang pernyataan dari Allah mengenai pelayanan Yesus sebagai Mesias. Sebenarnya,...

6Jan2015
Menang dalam pencobaan
Lukas 4:1-13

Adam diciptakan menurut gambar Allah (Kej. 1:26). Namun menghadapi pencobaan dari Iblis, Adam gagal dan jatuh ke dalam dosa. Kejatuhan yang membuat semua manusia tercemar dosa. Itulah Adam, nama yang disebut terakhir dalam silsilah Yesus (Luk. 3:38). Lalu bagaimana bila Yesus sendiri yang menghadapi pencobaan dari Iblis?

Setelah berpuasa selama empat puluh hari, tak ada yang lebih menarik...

7Jan2015
Genaplah nubuat Yesaya
Lukas 4:14-21

Lukas kembali menarik perhatian kita dengan menyatakan bahwa Yesus berada di dalam pimpinan Roh saat Ia memulai pelayanan-Nya (bdk. Luk. 3:22; 4:1). Saat itu Yesus berada di Galilea dan mengajar di rumah-rumah ibadat. Yesus belum menghadapi oposisi dan ini bisa kita lihat dari sikap orang-orang yang menerima pengajaran-Nya, mereka memuji Dia (15).

Ketika di Nazaret, Ia pun melanjutkan kebiasaan-Nya...

Scripture Union Indonesia © 2017. Design & Development by Aqua Genesis