Syukur untuk segala berkat

Mazmur 67

Berkat apa yang biasanya membuat Anda bersyukur dengan mudah? Apakah hal-hal konkret seperti lulus ujian sarjana, meraih keuntungan besar dalam investasi, menang undian berhadiah mobil atau hal-hal yang lebih prinsip seperti keadilan yang ditegakkan, korupsi yang dibongkar dan pelakunya dipenjarakan?


Mazmur 67 adalah ungkapan syukur umat Israel karena panen mereka berhasil (7). Akan tetapi, yang disyukuri bukan melulu kelimpahan pangan. Pemazmur melihat berkat Tuhan yang jauh lebih luas dan prinsip, yaitu mereka memiliki Allah yang memerintah dengan adil dan berdaulat atas umat-Nya, juga atas seluruh bumi (5).


Mazmur ini dibuka dengan menggemakan berkat yang biasa diucapkan seorang imam kepada umat (2; Bil. 6:24-26) lalu direspons secara bertanggapan. Ayat 2-3, 5, 7-8 diucapkan oleh seorang imam yang memimpin ibadah. Ayat 4 dan 6 adalah sambutan umat yang menggemakan bahwa berkat untuk Israel adalah juga untuk bangsa-bangsa di dunia. Maka sepantasnyalah gema mazmur ini dikumandangkan juga oleh semua bangsa sehingga bersama umat Allah, mereka menaikkan syukur kepada Allah yang telah menyatakan keselamatan-Nya.


Dari ungkapan syukur ini terungkap kembali panggilan lama umat Allah. Berkat dari para imam kepada Israel (2) adalah dasar bagi umat Allah untuk menjadi saksi keselamatan Allah kepada bangsa-bangsa (3).


Dari mazmur ini kita belajar untuk tidak menjadi umat yang berpusat pada diri sendiri, yang hanya melihat berkat Allah seputar kebutuhan hidup sehari-hari atau jaminan masa depan pribadi. Ingatlah bahwa berkat Allah dihadirkan kepada Anda dan melalui Anda untuk orang lain. Berkat Allah lebih luas dari panen melimpah. Berkat Allah nyata juga saat orang-orang di ujung bumi mengenal Juruselamat mereka dan saat mereka menerima perlakuan adil dari sesama.

Scripture Union Indonesia © 2017. Design & Development by Aqua Genesis